Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS NILAI PERJUANGAN NOVEL SURAT DAHLAN DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 12 SMAN 1 TAMBANG: SEBUAH KAJIAN SEMIOTIKA

YEN HERNETI, - (2023) ANALISIS NILAI PERJUANGAN NOVEL SURAT DAHLAN DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 12 SMAN 1 TAMBANG: SEBUAH KAJIAN SEMIOTIKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
file lengkap kecuali hasil penenltiiaqn (bab iv).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
file hasil peneltiian (bab iv).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)

Abstract

YEN HERNETI (2023) : ANALISIS NILAI PERJUANGAN NOVEL SURAT DAHLAN DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 12 SMAN 1 TAMBANG: SEBUAH KAJIAN SEMIOTIKA Karya sastra merupakan penafsiran, ekspresi jiwa yang imajinatif, dan idealisasi pengarang terhadap kehidupan sosial yang dituangkan oleh sastrawan ke dalam komposisi dan struktur yang artistik. Dalam karya sastra terdapat beberapa nilai salah satunya yaitu nilai perjuangan. Penelitian ini memiliki dua tujuan: (1) Untuk mengetahui bentuk nilai-nilai perjuangan yang terdapat dalam novel Surat Dahlan karya Khrisna Pabichara dan (2) Untuk mengetahui Relevansi nilai-nilai perjuangan dalam pembelajaran bahasa indonesia di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Penelitian Ini menggunakan pendekatan semiotik dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik baca catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah menganalisis simbol-simbol, menganalisis nilai-nilai perjuangan, dan menyimpulkan hasil penelitian nilai-nilai perjuangan. Hasil keseluruhan dari analisis nilai-nilai perjuangan terdapat 29 data. Diantaranya nilai perjuangan waktu kecil 3 data, nilai perjuangan menahan rasa sakit 3 data, nilai perjuangan waktu kuliah 14 data, nilai perjuangan dalam pekerjaan 5 data dan nilai perjuangan dalam percintaan 4 data. Nilai-nilai perjuangan ini dapat direlevansikan ke dalam materi bahasa indonesia kelas XII semester 2 KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel dan 4.9 merancang novel dan novelet dengan memperhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis. Kata kunci: Nilai Perjuangan, Relevansi, Semiotika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:24
Last Modified: 25 Jul 2023 07:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74788

Actions (login required)

View Item View Item