Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDN 010 PENGALIHAN

HASNI YATI, - (2023) PENERAPAN METODE GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDN 010 PENGALIHAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HASNI YATI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hasni Yati, (2023): Penerapan Metode Gallery Walk untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas IV di SDN 010 Pengalihan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika melalui metode gallery walk di kelas IV SDN 010 Pengalihan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 21 orang siswa. Objek penelitian ini adalah metode gallery walk dan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum tindakan masih rendah, dimana 1 orang siswa atau 5% berada pada kategori sangat kreatif, 3 orang siswa atau 14% berada pada kategori kreatif, 5 orang siswa atau 24% berada pada kategori cukup kreatif, 4 orang siswa atau 19% berada pada kategori kurang kreatif, dan 8 orang siswa atau 38% berada pada kategori sangat kurang kreatif. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan metode gallery walk pada siklus I, kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat, dimana 4 orang siswa atau 19% kategori sangat kreatif, 8 orang siswa atau 38% pada kategori kreatif, 8 orang siswa atau 38% pada kategori cukup kreatif, dan 1 orang siswa atau 5% pada kategori kurang kreatif. Pada siklus II kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan kembali, dimana 15 orang siswa atau 71% pada kategori sangat kreatif, dan 6 orang siswa atau 29% pada kategori kreatif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode gallery walk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika kelas IV di SDN 010 Pengalihan. Kata Kunci: Metode Gallery Walk, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:39
Last Modified: 25 Jul 2023 03:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74785

Actions (login required)

View Item View Item