Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN TEORI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 KAMPAR

WULANSARI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN TEORI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Wulansari, (2023): Pengaruh Penerapan Teori Pembelajara Konstruktivistik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa serta guru yang masih menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan teori pembelajaran konstruktivistik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian yang digunakan non-equivalent control group. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X berjumlah 60 siswa dengan rincian 30 siswa X MIA sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa X IIS sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Tes dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik t-test (Independent Sample t-Test). Hasil belajar siswa dengan hasil perhitungan uji-t, nilai t > t (6.850 > 2.042). Perhitungan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima Ho ditolak. Kesimpulannya, terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa antara penerapan teori pembelajaran konstruktivistik dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar. Hasil Mean skor kelas eksperimen 87, 73 sangat tinggi dari kelas kontrol 76,73. Kata Kunci: Teori Pembelajaran Konstruktivistik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:27
Last Modified: 24 Jul 2023 07:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74733

Actions (login required)

View Item View Item