Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 PADANG LUAS

RANTIKA GUSMAINI, - (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 PADANG LUAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RANTIKA GUSMAINI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rantikagusmaini : Penerapan Strategi Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Padang Luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan Model Pembelajaran jaran make a match dalam meningkatkan kemampuan kerjasama siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas V SDN 005 Padang Luas. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kerjasama ma siswa, diantaranya siswa kurang mampu dalam bekerja sama, siswa kurang bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini guru dan siswa sedangkan objeknya adalah startegi make a macth dan kemampuan kerjasama. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian bahwa strategi pembelajaran make a match dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa hali ini dapat diketahui sebelum tindakan hasil kerjasama siswa hanya mencapai 40,6% berada pada ketegori kurang baik karena berada pada kategori kurang dari 70%. Pada siklus 1 kemampuan kerjasama meningkatkan menjadi 70,1% dengan kategori cukup karena berada pada rentang 70-80 pada siklus 2 nilai kemampuan kerjasama siswa kembali meningkat menjadi 87,1% dengan kategori baik. Kata Kunci : Kemampuan Kerjasama, Strategi Pembelajaran Make A Match.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:22
Last Modified: 24 Jul 2023 07:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74726

Actions (login required)

View Item View Item