Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KUNTO DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU

DILLA DAMA YANTI, - (2023) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KUNTO DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DILLA DAMA YANTI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dilla Dama Yanti, (2023): Strategi Kepala Sekolah Dalam Membina Hubungan Sekolah dengan Masyarakat di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Hubungan sekolah dengan masyarakat pada awalnya merupakan suatu sarana yang sangat berperan dalam mengembangkan dan membangun pertumbuhan pada semua peserta didik. Dan salah satu penentu terjalinnya hubungan sekolah dengan masyarakat yaitu peran kepala sekolah dalam menciptakan hubungan tersebut dengan menerapkan strategi yang telah dibuat oleh kepala sekolah.. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan penulis terdapat gejala yang ada yaitu partisipasi masyarakat dalam mengikuti program yang sudah ada masih kurang. Masih sedikitnya kesadaran diri masyarakat bahwa mereka memiliki peran dalam dunia Pendidikan, dan kerja sama antara sekolah dan masyarakat kurang berjalan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam membina hubungan sekolah dengan masyarakat dn faktor pendukung serta faktor penghambat dalam penerapan strategi kepala sekolah dalam membina hubungan sekolah dengan masyarakat di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi kepala sekolah dalam membina hubungan sekolah dengan masyarakat di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kunto Darussalam ini menggunakan strategi a). mengadakan Open House yang dilakukan ketika pembagian rapor dan digunakan sebagai penyampaian informasi kepada orang tua tentang perkembangan peserta didik. b). menyampaikan hasil laporan kepada orang tua dengan dua cara, yaitu rapor tertulis dan pemanggilan secara lisan. c). pameran yang dibagikan kepada masyarakat melalui media tentang semua kegiatan peserta didik. d). kunjungan orang tua ke sekolah apabila ada peserta didik yang bermasalah dalam pembelajaran. 2) Adapun faktor pendukung dalam penerapan strategi kepala sekolah dalam membina hubungan sekolah dengan masyarakat yaitu dengan adanya program kerja yang sistematis, menggunakan sumber daya yang sesuai kemampuan dan didukung oleh kondisi serta situasi sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya pemahaman masyarakat tentang peran mereka terhadap Pendidikan dan keadaan ekonomi yang membuat orang tua dan masyarakat tidak menghadiri kunjungan ke sekolah. Kata Kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Hubungan Sekolah dengan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:50
Last Modified: 24 Jul 2023 07:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74692

Actions (login required)

View Item View Item