Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANJURAN TIDUR SEBELUM SHALAT TAHAJUD PERSPEKTIF HADIS DITINJAU DARI_.KESEHATAN

ISMUN NADIA, - (2023) ANJURAN TIDUR SEBELUM SHALAT TAHAJUD PERSPEKTIF HADIS DITINJAU DARI_.KESEHATAN. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Anjuran Tidur Sebelum Shalat Tahajud Perspektif Hadis ditinjau dari Kesehatan”. Rasulullah SAW menganjurkan untuk tidur sebelum shalat Tahajud. Ini memiliki dampak besar pada kesehatan. Jika seseorang tidak beristirahat terlebih dahulu, hal itu mengganggu sistem fungsional organisme. Kurang tidur dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh, menurunkan hormon pertumbuhan, dan merusak daya ingat. Rumusan masalah penelitian ini adalah apa kualitas dan makna hadis tentang tidur sebelum shalat Tahajud dan apa pengaruh tidur sebelum shalat Tahajud terhadap kesehatan. Penelitia ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan metode kualitatif, dan membatasi hadis-hadis yang akan di takhrij. Hasil kajian tersebut menunjukkan bahwa kualitas hadis tentang anjuran tidur sebelum shalat Tahajud adalah shahih karena sanadnya berkesinambungan dan penelitian ulama terhadap para perawi hadis adalah tsiqah. Kaitan hadis ini dengan kesehatan adalah tidur sebelum shalat Tahajud dapat membuat tubuh lebih rileks dan pada malam hari tubuh melakukan proses detoksifikasi secara optimal. Proses pengeluaran racun ini hanya berlangsung pada waktu-waktu tertentu saja. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang, agar tidak mengganggu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh. Kata Kunci: Tidur, Shalat Tahajud, Kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.12516 Studi Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:33
Last Modified: 25 Jul 2023 04:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74685

Actions (login required)

View Item View Item