Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA NOVEL “PENGANTIN REMAJA KEN TERATE” SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII DI SMA

ABSATUL NURHASSYANAH, - (2023) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA NOVEL “PENGANTIN REMAJA KEN TERATE” SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII DI SMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
FILE HASI [PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSATUL NURHASSYANAH (2023) : ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA NOVEL “PENGANTIN REMAJA KEN TERATE” SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII DI SMA Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dalam bentuk nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Pengantin Remaja Karya Ken Terate dan Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan alternatif materi pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XII berbentuk novel Pengantin Remaja Karya Ken Terate. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan mencatat. Analisis terdiri dari tiga unsur yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik Analisis terdiri dari tiga unsur yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel ini memiliki nilai-nilai pendidikan, seperti nilai pendidikan nilai pendidikan religius, Jujur, Toleransi , Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komunikatif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung Jawab dan relevansi nilai-nilai pendidikan pada novel” pengantin remaja karya ken terate” sebagai alternatif materi pembelajaran bahasa indonesia di SMA kelas XII. Dengan demikian, analisis pada novel dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran yang efektif bagi siswa/i SMA. Terutama dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan membaca dan menulis baik menulis sastra maupun kebahasaan. Kata Kunci: Bentuk Nilai-nilai Pendidikan, Alternatif Nilai-nilai Pendidikan, Materi Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jul 2023 00:11
Last Modified: 24 Jul 2023 00:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74642

Actions (login required)

View Item View Item