Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI SISTEM INVENTORY DENGAN MENGGUNAKAN METODE AGILE DEVELOPMENT BERBASIS WEB PADA PT. INTI KAMPARINDO SEJAHTERA

Alfarabi Ahmad, - (2023) IMPLEMENTASI SISTEM INVENTORY DENGAN MENGGUNAKAN METODE AGILE DEVELOPMENT BERBASIS WEB PADA PT. INTI KAMPARINDO SEJAHTERA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Laporan Bab 1 sampai 6 (tanpa bab 4 dan 5).pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB IV dan BAB V)
Bab 4 dan 5 (Hasil).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PT. Inti Kamparindo Sejahtera merupakan salah satu perusahaan swasta yang bergerak di bidang penanaman dan pengolahan buah kelapa sawit. Perusahaan ini memiliki gudang persediaannya sendiri. Banyaknya jenis barang yang tersedia di gudang diantaranya 15 jenis produk pupuk padat, 13 jenis produk pupuk cair, 74 jenis produk Alat Tulis Kantor, 29 produk jenis non Alat Tulis Kantor. PT. Inti Kamparindo Sejahtera masih manual dalam buku besar. Terdapat permasalahan bertumpuknya barang pada gudang, tidak teraturnya tata letak barang, stok barang yang tidak update, dan rusaknya beberapa barang yang telah lama disimpan dalam gudang. Sistem informasi merupakan prosedur pengumpulan data, salah satu sistem informasi yang dibutuhkan saat ini adalah sistem informasi persediaan barang atau dikenal dengan istilah inventory dengan penerapan konsep First In First Out. Dalam hal ini barang pertama yang masuk akan digunakan lebih dahulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat serta mengimplementasikan Sistem Inventory yang dapat membantu dalam proses pengelolaan barang gudang. Pengembangan sistem informasi ini mengunakan metode Agile, dibantu dengan pendekatan terstruktur. Pendekatan terstruktur dilengkapi alat bantu seperti Unified Modelling Language dan selanjutnya pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan Black Box dan User Acceptance Test kepada Admin, Pegawai, dan Kepala Gudang. Hasil dari pengujian Black Box menunjukkan semua fitur berjalan sesuai dengan prosedur. Sementara hasil pengujian User Acceptance Test yang diperoleh dari Admin sebesar 88,5%, Pegawai 88,7%, dan Kepala Gudang sebesar 92,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengguna menerima sistem untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 24 Jul 2023 00:03
Last Modified: 24 Jul 2023 00:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74542

Actions (login required)

View Item View Item