Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efektivitas Penerapan Mosdel Pembelajaran STAD untuk meningkatkan keterampilan membaca Siswa MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi.

Dira Dini Narti,, - (2023) Efektivitas Penerapan Mosdel Pembelajaran STAD untuk meningkatkan keterampilan membaca Siswa MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
FULL SKRISPI UPL;OAD.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimental reseacrh, yang terdiri dari dua variabel yaitu Model pembelajaran STAD (X) dan keterampilan membaca (Y) di MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefeektifan Penerapan Model Pembelajaran STAD Terhadap Keterampilan membaca Siswa MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran STAD efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi?”. Objek dari penelitian ini adalah keterampilan membaca siswa. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi tahun pelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi yang berjumlah 139 siswa dan sampelnya adalah siswa kelas VIII 1 = 23 dan VIII 2 = 23 yang berjumlah 46 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi. Tes yang peneliti lakukan adalah dengan melakukan validitas dan realibilitas pada soal tes, dari 20 soal yang diuji validitas, maka didapat 20 butir soal yang valid dengan nilai realibilitas 0.60 (sedang). Berdasarkan dari hasil tes di kelas eksperimen, peneliti mendapatkan nilai 5,7 dan pada kelas kontrol peneliti mendapatkan nilai 5,5. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus t-test, diperoleh nilai thitung = 5,29 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 1% = 2,41 dan taraf signifikan 5% = 1,68. Sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti bahwa adanya peningkatan yang signifikan antara model pembelajaran STAD terhadap keterampilan membaca siswa. Begitu juga pada tabel observasi, model pembelajaran STAD mendapatkan nilai 97,7% dengan arti bagus sekali (mumtaz) karena terletak pada taraf signifikan 90% - 100%. Dengan data data tersebut, model pembelajaran STAD dinyatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi. Kata kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran STAD, keterampilan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:44
Last Modified: 21 Jul 2023 06:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74453

Actions (login required)

View Item View Item