Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

AN EXPLORATION OF STUDENTS’ FOREIGN LANGUAGE SPEAKING ANXIETY IN CLASSROOM PRESENTATION AT SMAN 1 KAMPAR TIMUR

SELLINA ROSA ZUMARNIS, - (2023) AN EXPLORATION OF STUDENTS’ FOREIGN LANGUAGE SPEAKING ANXIETY IN CLASSROOM PRESENTATION AT SMAN 1 KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
kecuali bab 4.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki level kecemasan berbicara bahasa asing siswa dan faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan berbicara siswa dalam presentasi kelas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sebagai pendekatannya. Sementara itu, desain studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari hingga Maret 2023, di SMAN 1 Kampar Timur. Data dikumpulkan dari empat partisipan sebagai sampel penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Mereka adalah siswa kelas sepuluh pada tahun ajaran 2022/2023. Kuesioner, observasi, dan wawancara individu digunakan untuk memperoleh data. FLCAS (Foreign Language Classroom Anxiety Scale) yang diusulkan oleh Horwitz et al., (1986) digunakan untuk memperoleh data. Observasi juga dilakukan untuk memperkuat data dari kuesioner. Para peserta kemudian diwawancarai satu per satu dengan 8 pertanyaan terbuka. Ada delapan pertanyaan yang diajukan kepada peserta secara semi-terstruktur. Peneliti menggunakan coding untuk membangun deskripsi dan tema dan kemudian menginterpretasikan data untuk menganalisis data. Temuan mengungkapkan bahwa kecemasan berbicara siswa kelas sepuluh berada pada tingkat sangat cemas dan cemas. Selain itu, ada delapan faktor yang menyebabkan siswa mengalami kecemasan saat presentasi di kelas bahasa Inggris. Faktor-faktor tersebut adalah kurang percaya diri, kurang tata bahasa, pelafalan buruk, takut membuat kesalahan, takut ditertawakan, takut evaluasi negatif, kurang persiapan, dan takut ujian. Kesimpulannya, tingkat kecemasan berbicara tidak dapat dijadikan pedoman dalam menentukan faktor penyebab seseorang mengalami kecemasan berbicara. Selain itu, kurangnya tata bahasa adalah faktor yang menyebabkan kecemasan berbicara pada siswa. Sementara itu, kecemasan berbicara siswa yang dominan disebabkan oleh kurangnya persiapan dan takut ditertawakan saat presentasi di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:52
Last Modified: 21 Jul 2023 01:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74409

Actions (login required)

View Item View Item