Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEK SUPLEMENTASI KERATIN HYDROLISAT MELALUI AIR MINUM TERHADAP BOBOT BADAN AKHIR, BOBOT DAN PANJANG ORGAN PENCERNAAN AYAM BROILER

FAJAR AKBAR, - (2023) EFEK SUPLEMENTASI KERATIN HYDROLISAT MELALUI AIR MINUM TERHADAP BOBOT BADAN AKHIR, BOBOT DAN PANJANG ORGAN PENCERNAAN AYAM BROILER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)

Abstract

EFEK SUPLEMENTASI KERATIN HYDROLISAT MELALUI AIR MINUM TERHADAP BOBOT BADAN AKHIR, BOBOT DAN PANJANG ORGAN PENCERNAAN AYAM BROILER Fajar Akbar (11681102764) Di bawah bimbingan Edi Erwan dan Arsyadi Ali INTISARI Salah satu potensi feed suplemen yang dapat digunakan adalah keratin hidrolisat (KH). KH merupakan feed suplemen yang dicampurkan melalui air minum untuk membantu pertumbuhan pada masa day old chick (DOC). KH merupakan hasil dihidrolisis keratin unggas yang mengandung asam amino, dipeptida atau tripeptida. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suplementasi KH di dalam air minum terhadap bobot akhir, bobot dan panjang organ pencernaan ayam broiler. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2022 di UIN Agriculture Research and Development Station (UARDS) Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan 80 ekor ayam broiler yang dibagi secara acak berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu R0 (tanpa penambahan KH), R1 (penambahan KH 0,1%/liter air minum), R2 (penambahan KH 0,2%/liter air minum), R3 (penambahan KH 0,3%/liter air minum). Parameter yang diukur adalah bobot badan akhir, berat proventrikulus, berat ventrikulus dan panjang usus halus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan KH 0,3%/liter dalam air minum berpengaruh sangat nyata (P<0,01) menurunkan bobot badan akhir, namun berpengaruh nyata (P<0,01) meningkatkan berat proventrikulus, berat ventrikulus dan panjang usus halus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian KH melalui air minum sampai level 0,3% dapat berpengaruh menurunkan bobot badan akhir dan meningkatkan berat proventrikulus, ventrikulus serta panjang usus halus pada ayam broiler. Kata kunci: Ayam broiler, berat proventrikulus, berat ventrikulus, KH, panjang usus halus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 22 Jul 2023 03:36
Last Modified: 22 Jul 2023 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74360

Actions (login required)

View Item View Item