Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 MANDAU

PUTRI SUCI AMELIA, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 MANDAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB I V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)
[img]
Preview
Text
BAB I-BAB V.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Mandau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperiment dan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS sebanyak 211 siswa terbagi dalam 6 kelas. Sampelnya berjumlah 70 siswa yakni 34 siswa kelas XI IPS 4 untuk kelas eksperimen dan 36 siswa kelas XI IPS 6 untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil post-test sebesar 81,18 pada kelas eksperimen dan 64,44 pada kelas kontrol. Adapun hasil uji tes “t”, dengan taraf signifikan 5% (1,667) maka diperoleh bahwa t hitung > t tabel atau 7,217 > 1,667 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Mandau. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Mandau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:13
Last Modified: 20 Jul 2023 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74238

Actions (login required)

View Item View Item