Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2022)

Siti Rohayu, - (2023) PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2022). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI PADA PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2019-2022) Oleh : SITI ROHAYU 11673200088 Laporan keuangan adalah format catatan informasi keuangan suatu perusahaan dalam satu periode akuntansi tertentu yang dapat digunakan untuk menggambarkan situasi kinerja usaha atau perusahaan tersebut. Meskipun demikian, laporan keuangan tidak dapat memastikan bahwa data yang terkandung didalamnya mencerminkan keadaan keuangan yang sebenarnya. Manajemen laba merupakan suatu kejadian yang sengaja dibuat dengan batasan yang dilakukan manajemen dengan menaikkan atau menurunkan laba yang dapat menurunkan kredibilitas laporan keuangan yang dapar mengelabui stakeholders dalam menilai kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asimetri informasi, good corporate governance dan capital adequacy ratio terhadap manajemen laba pada perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2019-2022. Penelitian ini mengambil sampel perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI dengan menggunakan metode purposive sampling. berdasarkan kriteriav yang ada maka sampel pada penelitian ini sebanyak 15 perbankan dengan pengamatan selama empat tahun sehingga total sampel sebanyak 60. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel.hasil penelitian menunjukkan asimetri informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, good corporate governance tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, capital adequacy ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.Hasil ini menjelaskan tinggi atau rendahnya asimetri informasi,Good Corporate Governance dan Capital Adequacy Ratio tidak dapat mempengaruhi manajemen laba. Kata Kunci: Manajemen Laba, Asimetri Informasi, Good Corporate Governance, Capital adequacy Ratio

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 22 Jul 2023 04:29
Last Modified: 22 Jul 2023 04:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74210

Actions (login required)

View Item View Item