Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAMBANG

ROHMA ASIH, - (2023) PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rohma Asih, (2023) : Pengaruh Model Flipped Classroom terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di sekolah menengah atas negeri 1 tambang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS, tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 84 orang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini dengan memilih 3 kelas yaitu seluruh kelas X1 berjumlah 29 orang, X2 berjumlah 28 orang, dan X3 berjumlah 27 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling, pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data pada penelitian ini menggunkan Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil penelitian menunjukan bahwa persentase pencapaian kemandirian belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 75,75% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 68,03%. Berdasarkan analisis uji-t dari nilai kemandirian belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai bahwa t hitung > t tabel taraf signifikan 5% (1,663) dan 1% (2,372) atau 1,663 <10,950>2,372, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran flipped classroom terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Kata Kunci : Model Flipped Classroom, dan Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jul 2023 08:01
Last Modified: 22 Jul 2023 08:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74168

Actions (login required)

View Item View Item