Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE LANGSUNG DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VII MTS HASANAH PEKANBARU.

DIAN MAYA GUSTINA, - (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE LANGSUNG DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VII MTS HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DIAN MAYA GUSTINA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dian Maya Gustina, (2023): Efektivitas penggunaan metode langsung dengan media gambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui . keefektifan penggunaan metode langsung dengan media gambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode langsung dengan media gambar efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru?”. Objek dari penelitian ini adalah Efektivitas penggunaan metode langsung dengan media gambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 dan VII.3 MTs Hasanah Pekanbaru tahun pelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru yang berjumlah 75 siswa dan sampelnya adalah siswa kelas VII.1= 21 dan VII.3= 26 yang berjumlah 47 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil pre test dan post test di kelas eksperimen peneliti mendapatkan nilai 6,1 dan pada kelas kontrol peneliti mendapatkan nilai 5,6. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus t-test, diperoleh nilai thitung = 2,94 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 1%= 2,41 dan taraf signifikan 5%= 1,67. Sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti adanya peningkatan yang signifikan antara metode langsung dengan media gambar terhadap keterampilan berbicara. Begitu juga pada tabel observasi, metode langsung dengan media gambar mendapatkan nilai 90,7% dengan arti bagus sekali karena terletak pada taraf signifikan 90% - 100%. Dengan data tersebut, metode langsung dengan media gambar dinyatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru. Kata kunci: Efektivitas, Metode langsung, media gambar, keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:27
Last Modified: 21 Jul 2023 03:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74132

Actions (login required)

View Item View Item