Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI CHATBOT PADA LAYANAN C3 DENGAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER (STUDI KASUS : PTIPD UIN SUSKA RIAU )

Andretama, - (2023) IMPLEMENTASI CHATBOT PADA LAYANAN C3 DENGAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER (STUDI KASUS : PTIPD UIN SUSKA RIAU ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Laporan Andretama_11751102220_BAB 1,2,3,5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
Laporan Andretama_11751102220_Bab 4 ONLY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PTIPD atau Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data adalah lembaga yang mengatasi segala permasalahan mengenai seputar teknologi dan informasi di UIN Suska Riau. Dalam melayani permasalahan yang dialami oleh mahasiswa atau calon mahasiswa disediakan layanan berupa C3 atau Customer Care Center. Namun dalam mengatasi permasalahan yang ada, C3 sendiri kesulitan untuk membalas seluruh pertanyaan yang diterima. Maka dalam mengatasi permasalahan tersebut, dirancang chatbot yang dapat menjawab pertanyaan secara otomatis dengan menggunakan metode Naive bayes classifier dalam mengidentifikasi pertanyaan yang masuk. Tidak hanya itu, chatbot ini menggunakan proses text preprocessing dan TF-IDF dalam memberikan hasil yang lebih baik dengan tingkat akurasi pertanyaan dan jawaban sebesar 84% dan 72% serta penilaian User Acceptance Test (UAT) sebesar 82%. Kata Kunci : Chatbot, Naive Bayes Classifier, Text Preprocessing, Customer Care Center

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 22 Jul 2023 08:52
Last Modified: 22 Jul 2023 08:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74129

Actions (login required)

View Item View Item