Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NALISIS PENGARUH PENAMBAHAN ARANG SEKAM PADI DAN GARAM TERHADAP PENURUNAN RESISTANSI PENTANAHAN MENGGUNAKAN ELEKTRODA BATANG DENGAN METODE SOIL TREATMENT (Studi Kasus: Kantor Bupati 50 Kota Payakumbuh)

M. SYUHERDI ZUL, - (2023) NALISIS PENGARUH PENAMBAHAN ARANG SEKAM PADI DAN GARAM TERHADAP PENURUNAN RESISTANSI PENTANAHAN MENGGUNAKAN ELEKTRODA BATANG DENGAN METODE SOIL TREATMENT (Studi Kasus: Kantor Bupati 50 Kota Payakumbuh). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV DAN V)
BAB IV DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kantor Bupati 50 Kota Payakumbuh memiliki nilai resistansi pentanahan yang tinggi, setelah dilakukan pengukuran menggunakan alat ukur eart tester didapatkan nilai resistansi pada Kantor Bupati 50 Kota Payakumbuh yaitu 45,5Ω dan dari hasil pengukuran resistansi pentanahan lalu dihitung nilai resistivitas tanah yaitu didapat nilai perhitungan 53,99Ωm yang termasuk tanah jenis pertanian. Berdasarkan PUIL 2000 nilai resistansi pentanahan <5Ω. Faktor yang mempengaruhi sistem pentanahan yaitu kadar garam di dalam tanah, kelembaban tanah dan temperatur tanah. Untuk mereduksi resistansi pentanahan peneliti menggunakan zat aditif berupa arang sekam padi dan garam sebagai media campur tanah dan menggali tanahan berbentuk tabung degan 2 variasi tabung yitu kedalaman 50cm dan 1m dengan diameter lubang sama yaitu 10cm sebagai media pencampuran zat aditif, dengan menggunakan pengukuran dengan metode 3 titik yang mana 3 batang elektroda dihubungkan secara paralel. Hasil pengukuran setelah pencampuran zat aditif didapatkan hasil penurunan resitansi pentanahan paling tinggi yaitu pada variasi lubang pencampuran 1m saat kondisi basah yang mana didapat hasil pengukuran 15,8Ω, dengan persentase kempuan sistem pentanahan 57%. Dari percobaan yang telah dilakukan bisa dikatakan telah berhasil karena telah didapatkan penurunan resistansi pentanahan 57%, Berdasarkan standar IEEE (142-1983) untuk pencampuran beberapa unsur zat aditif dikatakan berhasil harus mencapai perbedaan 15% sampai 90%. Kata kunci: Sistem Pentanahan, Zat Aditif, Variasi Lubang Pencampuran Zat Aditif, Pengukuran Metode 3 Titik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 621 Fisika Terapan > 621.381 Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:03
Last Modified: 21 Jul 2023 03:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74106

Actions (login required)

View Item View Item