Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH LAMA PENYINARAN LAMPU LED BIRU TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KANDUNGAN KAROTENOID MICROGREEN BROKOLI (Brassica oleracea var. italica L.)

ASMI UTARI, - (2023) PENGARUH LAMA PENYINARAN LAMPU LED BIRU TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KANDUNGAN KAROTENOID MICROGREEN BROKOLI (Brassica oleracea var. italica L.). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGARUH LAMA PENYINARAN LAMPU LED BIRU TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KANDUNGAN KAROTENOID MICROGREEN BROKOLI (Brassica oleracea var. italica L.) Asmi Utari (11980224279) Di bawah bimbingan Nida Wafiqah Nabila M. Solin dan Irwan Taslapratama INTISARI Microgreen merupakan tanaman muda berusia 7-14 hari yang memiliki kandungan gizi lebih banyak dibanding sayur dewasa, salah satunya microgreen brokoli. Microgreen ditanam didalam ruangan menggunakan lampu LED (Light Emitting Diode) dengan mengatur lama penyinaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan lama penyinaran LED cahaya biru yang terbaik untuk pertumbuhan dan kandungan karotenoid microgreen brokoli. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan Maret 2023 di Jalan Garuda Sakti km. 1, Gang Harapan, Kos Putri Anggun, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau untuk kegiatan budidaya microgreen, Laboratorium Agronomi dan Agrostologi Fakultas Pertanian dan Peternakan dan Laboratorium Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau untuk kegiatan penimbangan sampel, ekstraksi tanaman dan analisis metode Spektrofotometri UV-Vis. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial dengan 4 taraf perlakuan dan 5 ulangan. 4 taraf perlakuan yaitu L0 = Cahaya Matahari (Kontrol), L1 = lama penyinaran 12 jam, L2 = lama penyinaran 16 jam, dan L3 = lama penyinaran 20 jam. Parameter yang diamati adalah persentase daya kecambah, tinggi tanaman, berat segar, dan kandungan karotenoid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, lama penyinaran berpengaruh nyata terhadap persentase daya kecambah, dan tinggi tanaman, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap berat segar dan kandungan karotenoid microgreen brokoli. Penyinaran selama 12 jam meningkatkan kandungan karotenoid pada microgreen brokoli tertinggi. Kata Kunci: cahaya biru, cahaya matahari, Light Emitting Diode, microgreen, spektofotometri UV-Vis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:49
Last Modified: 21 Jul 2023 01:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74097

Actions (login required)

View Item View Item