Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI POSTER SESSION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PKN KELAS IV SD NEGERI 004 SUNGAIMANAU KECAMATAN KUANTAN MUDIK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

SISKA RAHMADHANI, - (2023) PENERAPAN STRATEGI POSTER SESSION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PKN KELAS IV SD NEGERI 004 SUNGAIMANAU KECAMATAN KUANTAN MUDIK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SISKA RAHMADHANI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siska Rahmadhani, (2023): Penerapan Strategi Poster Session untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Muatan Pelajaran PKn Kelas IV SD Negeri 004 Sungai Manau Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan strategi poster session untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema 3 Subtema 3 di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Sungai Manau Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 12 orang siswa. Objek penelitian ini adalah strategi poster session dan kemampuan mengemukakan pendapat. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi, dan teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan data hasil penelitian, tergambar bahwa strategi poster session dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat. Hal ini dapat dilihat pada grafik perkembangannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan, nilai rata-rata siswa dalam mengemukakan pendapat hanya mencapai 45,83 atau tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I, nilai rata-rata siswa dalam mengemukakan pendapat meningkat menjadi 64,14 atau tergolong dalam kategori cukup baik. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat kembali menjadi 85 atau tergolong dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi poster session dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema 3 subtema 3 di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Sungai Manau Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Kata Kunci: Strategi Poster Session, Kemampuan Mengemukakan Pendapat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:42
Last Modified: 21 Jul 2023 01:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74093

Actions (login required)

View Item View Item