Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI SELF EFFICACY

DELMIZA PUTRI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI SELF EFFICACY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB 4 FIX SKRIPSI DELMIZA PUTRI (11910524190) REVISI.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
BAB 4 FIX SKRIPSI DELMIZA PUTRI (11910524190) REVISI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari self efficacy. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dan desian yang digunakan The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 2 Tambang dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk rumusan masalah pertama, Person Product Moment untuk rumusan masalah kedua, dan Anova Dua Arah untuk rumusan masalah ketiga. Berdasarkan analisis data yang dapat diambil kesimpulan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model Student Facilitator and Explaining dengan pembelajaran konvensional, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memiliki self efficacy tingi, sedang dan rendah, 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi penerapan model pembelajaran dengan self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Serta dapat disimpulkan bahwa penerapan model student facilitator and explaining berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP ditinjau dari self efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:47
Last Modified: 18 Jul 2023 06:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74041

Actions (login required)

View Item View Item