PENERAPAN STRATEGI BATU LONCATAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 181 PEKANBARU

Ayatun Indasari, (2014) PENERAPAN STRATEGI BATU LONCATAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 181 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di kelas III Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru terdapat masalah dalam proses pembelajaran matematika. Sehingga berdampak rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru dengan penerapan strategi batu loncatan. Permasalahan yang penullis kaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan strategi batu loncatan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru. Penelitian yang digunakan adalah penelitian yang terdiri dari tahapan 1). Perencanaan ( Planning), 2) Tindakan (acting), 3) Pengamatan (Observing) 4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa dengan jumlah 37 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi batu loncatan yang diterapkan pada mata pelajaran matematika siswa kelas III SDN 181 Pekanbaru. Instrumen Penelitian ini berupa lembaran observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas guru, aktivitas siswa dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian motivasi belajar matematika sebelum menerapkan strategi batu loncatan mencapai 40,54%. Setelah menerapkan strategi pada pertemuan I siklus I motivasi belajar matematika mencapai 62,16%, kemudian pada pertemuanke II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 72,97%, pada siklus II motivasi belajar siswa sudah mencapai 82,88%. Hasil ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan penerapan strategi batu loncatan dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas III SDN 181 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 17 Sep 2016 05:44
Last Modified: 17 Sep 2016 05:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7404

Actions (login required)

View Item View Item