Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KANDUNGAN NUTRISI RUMPUT ODOT (Pennisetum purpureum cv. Mott ) DAN LEGUM INDIGOFERA (Indigofera zolingeriana) YANG DITANAM SECARA TUNGGAL DAN CAMPURAN PADA PEMOTONGAN PERTAMA

RIO PAMBUDI, - (2023) ANALISIS KANDUNGAN NUTRISI RUMPUT ODOT (Pennisetum purpureum cv. Mott ) DAN LEGUM INDIGOFERA (Indigofera zolingeriana) YANG DITANAM SECARA TUNGGAL DAN CAMPURAN PADA PEMOTONGAN PERTAMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
file lengkap kecuali hasil penneltiian (bab iv).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
file hasil penenltiian (bab iv).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)

Abstract

RIO PAMBUDI (2023) : ANALISIS KANDUNGAN NUTRISI RUMPUT ODOT (Pennisetum purpureum cv. Mott ) DAN LEGUM INDIGOFERA (Indigofera zolingeriana) YANG DITANAM SECARA TUNGGAL DAN CAMPURAN PADA PEMOTONGAN PERTAMA Tanaman rumput odot dan indigofera merupakan tanaman yang potensial untuk dikembangkan karena memiliki nilai gizi dan produksi yang tinggi dan disukai oleh ternak ruminansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan nutrisi rumput odot dan Indigofera pada pola tanam campuran dan tunggal. Parameter yang di ukur pada penelitian ini adalah Bahan Kering, protein kasar, serat kasar, lemak kasar, abu, dan bahan ekstrak tanpa nitrogen. Penelitian ini dilaksanakan bulan September 2021 sampai Maret 2022, di lahan percobaan UIN Agriculture Research And Development Station (UARDS). Penelitian ini menggunakan lahan dengan ukuran 20 x 20 m2 yang terdiri dari 3 kelompok. Rancangan penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 pelakuan dan 3 kelompok sebagai ulangan. Dalam satu kelompok terdiri dari 3 perlakuan, satu plot perlakuan terdiri dari 144 rumput odot pada perlakuan odot tunggal, 30 batang indigofera pada perlakuan Indigofera tunggal dan 30 batang indigofera dan 69 rumput odot pada pola tanam campuran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola tanam dan jenis tanaman berpengaruh terhadap kandungan bahan kering, protein kasar, serat kasar, abu, dan bahan ekstrak tanpa nitrogen yang mengalami peningkatan,namun tidak berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kandungan lemak kasar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertanaman campuran antara rumput odot dan indigofera dapat meningkatkan kandungan bahan kering dan bahan ekstrak tanpa nitrogen indigofera, protein kasar rumput odot, dan menurunkan kandungan protein kasar indigofera. Kata kunci : kandungan nutrisi, legum, pola tanam, rumput odot, indigofera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 18 Jul 2023 05:10
Last Modified: 18 Jul 2023 05:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74029

Actions (login required)

View Item View Item