Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS ALMUHASINNATUL LAFDZIYYAH PADA JINAS DAN SAJA’ DI KITAB NADZOM AL IMRITHI KARYA SYAIKH SYARAFUDDIN YAHYA AL IMRITHI ( STUDI ANALISIS BALAGHOH).

SYARIFAH RISMALIA PUTRI, - (2023) ANALISIS ALMUHASINNATUL LAFDZIYYAH PADA JINAS DAN SAJA’ DI KITAB NADZOM AL IMRITHI KARYA SYAIKH SYARAFUDDIN YAHYA AL IMRITHI ( STUDI ANALISIS BALAGHOH). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SYARIFAH RISMALIA PUTRI E.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Analisis Almuhasinnatul Lafdziyyah Pada Jinas Dan Saja’ Di Kitab Nadzom al imrithi Karya Syaikh Syarafuddin Yahya Al Imrithi ( Studi Analisis Balaghoh). Syarifah Rismalia Putri (2023): Kitab nadzom imrithi merupakan salah satu kitab karya syaikh syafaruddin yahya al imrithi, dan didalamnya membahas tentang ilmu nahwu. Kitab ini terdiri dari 254 bait yang setiap baitnya mengandung keindahan lafadz. Hal ini dapat dibuktikan melalui balaghoh, ilmu balaghoh terdiri dari tiga cabang yaitu ilmu ma’ani,bayan,dan badi’. Sayyid ahmad al hasyim membagi ilmu badi’ dalam dua pembagian yaitu muhassinat al lafdziyyah dan muhassinat al ma’nawiyyah .Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pisau analisis yaitu ilmu badi’ khususnya dalam jinas dan saja’ dalam bab muhassinatu al lafdizyah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ apa saja jenis jinas dan saja’ di dalam kitab nadzom al imrithi karya syaikh syarafuddin yahya al imrithi?” adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja jenis jinas dan saja’ yang ada di dalam kitab nadzom al imrithi karya syaikh syarafuddin yahya al imrihi. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif karena data yang disajikan berupa penjelasan. Kajian ini dilakukan dengan menggunakan kajian kepustakaan ( library research) ya ng bersumber dari dua data yaitu data primer )kitab nadzom imrithi karya syaikh syafaruddin yahya al imrithi) dan data sekunder ( kitab-kitab dan rujukan ilmu balaghah serta kitab dan rujukan lain yang berkaitan dengan itu). Adapun hasil penelitian ini yaitu jinas tam terdapat satu bait di bab i’rab dan jinas ghairu tam terdapat 48 bait dari bab muqadimah sampai pada bab idofah. Macam-macam saja’ dalam kitab nadzom imrithi karya syaikh syafaruddin yahya al imrithi yaitu saja’ muthorif yang terdapat dalam 193 bait, dan saja’ mutawazi terdapat dalam 58 bait dan saja’ mursiq yang terdapat dalam 3 bait. Adapun faedah jinas dan saja’ dalam kitab ini adalah adanya unsur-unsur keindahan dan menambahkan kesesuaian ritme .Disisi lain, adanya faedah ini dapat mempermudah dalam menghafal dan memahami bait-baitnya. Kata Kunci : Analisis,Muhassinatu Al Lafdziyyah,Jinas,Saja’, Kitab Nadzom Imrithi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:50
Last Modified: 20 Jul 2023 03:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73961

Actions (login required)

View Item View Item