Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMILIHAN MULTI-KRITERIA SUPPLIER DENGAN PENDEKATAN FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (FAHP) (STUDI KASUS: BADOS CAFE N RESTO)

ATTHARIC MUHAMMAD FIRISKI, - (2023) PEMILIHAN MULTI-KRITERIA SUPPLIER DENGAN PENDEKATAN FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (FAHP) (STUDI KASUS: BADOS CAFE N RESTO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI BAB IV dan BAB V .pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN BAB V)
FILE BAB IV dan BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemilihan supplier yang efektif dan efisien sangat penting bagi perusahaan untuk memastikan pasokan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan operasional. Dalam penelitian ini, pendekatan F-AHP digunakan untuk mengatasi ketidakpastian dan kompleksitas yang terkait dengan penilaian kualitatif dalam pemilihan supplier. Dengan menggunakan pendekatan F-AHP, nilai kepentingan relatif dari setiap kriteria dan sub-kriteria ditentukan dengan mempertimbangkan preferensi subjektif para pengambil keputusanTingkat potensi masing-masing alternatif pada Bados Café n Resto didapat dari hasil perangkingan bobot setiap Alternatif. Setelah diolah dengan metode Fuzzy AHP didapatkan hasil pada level alternatif Supplier A memiliki bobot 0,4324 (43,24%) dengan rangking pertama, Supplier B dengan bobot 0,287 (28,70%) pada rangking kedua dan Supplier C dengan bobot 0,2805 (28,05%)pada rangking ketiga. Hasil dengan metode Fuzzy AHP Supplier terpilih adalah Supplier A. Solusi diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan proses pengambilan keputusan pemilihan supplier yang lebih akurat dan dapat diandalkan bagi Bados Café n Resto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:11
Last Modified: 21 Jul 2023 02:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73880

Actions (login required)

View Item View Item