Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Muatan IPS Kelas V SDN 11 Pekanbaru.

Abdullah, - (2023) Penerapan Model pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Muatan IPS Kelas V SDN 11 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Abdullah, (2023): Penerapan Model pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Muatan IPS Kelas V SDN 11 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada muatan Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan model pembelajaran think talk write di kelas V SDN 11 Pekanbaru, Kecamatan Limapuluh, Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa mengemukakan pendapat diantaranya siswa kurang jelas mengemukakan pendapat, siswa kurang mampu mengkomunikasikan pendapatnya, isi gagasan yang disampaikan siswa kurang jelas dan kurangnya keruntutan ide atau gagasan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru 1 orang dan 23 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Think Talk Write dan kemampuan mengemukakan pendapat. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada muatan Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SDN 11 Pekanbaru. Hal ini dapat ketahui pada peningkatan hasil sebelum tindakan nilai kemampuan mengemukakan pendapat siswa hanya mencapai 27% dalam kriteria sangat kurang karena berada di rentang <29%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I kemampuan mengemukakan pendapat siswa meningkat menjadi 51% dalam kriteria cukup karena berada pada rentang 50-69. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II kemampuan mengemukakan pendapat siswa meningkat menjadi 95% dalam kriteria sangat tinggi karna berada pada rentang 90-100 Kata kunci: Kemampuan Mengemukakan Pendapat, Model Pembelajaran Think Talk Write

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:17
Last Modified: 20 Jul 2023 03:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73801

Actions (login required)

View Item View Item