Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TRADING PLACE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 008 DESA KUALU

WAHYUDI SAPUTRA, - (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TRADING PLACE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 008 DESA KUALU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI WAHYUDI SAPUTRA.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK WAHYUDI SAPUTRA (2023) : Penerapan Metode Pembelajaran Trading Place untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Pelajaran PPKn Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 008 Desa Kualu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran PPKn melalui penerapan model pembelajaran trading place di kelas V SD Negeri 008 Desa Kualu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjek penelitiannya adalah 1 guru dan 26 siswa serta objek penelitiannya adalah penerapan metode pembelajaran trading place dan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran trading place dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat diketahui dari grafik peningkatannya sejak pra tindakan hingga tindakan perbaikan pada siklus I dan II. Data pra siklus menunjukkan persentase keterampilan berbicara siswa hanya 45% dengan kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I pertemuan pertama, keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 67%, namun masih berada pada kategori tinggi, dan pertemuan kedua meningkat menjadi 75% dengan kategori tinggi. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama, keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 81,8%% berada pada kategori sangat tinggi, dan pada siklus II pertemuan kedua persentase keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 89,2% dan berada pada kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model trading place dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pelajaran PPKn di kelas V SD Negeri 008 Desa Kualu. Kata Kunci: Trading Place, Keterampilan Berbicara, Muatan Pelajaran PPKn

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:36
Last Modified: 18 Jul 2023 07:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73762

Actions (login required)

View Item View Item