Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD IT AL – IZHAR PEKANBARU

MANNA JAM’I HASIBUAN, - (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD IT AL – IZHAR PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MANNA JAM’I HASIBUAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Manna Jam’i Hasibuan,(2023) : Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri pada Siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V Di SD IT Al-Izhar Pekanbaru. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui peningkatan rasa percaya diri siswa pada mata pelajaran IPS melalui strategi Peer Lesson di kelas V Sd IT Al-Izhar Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 29 orang peserta didik dan objeknya adalah strategi peer lesson dan rasa percaya diri pada siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus ada dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata rasa percaya diri siswa hanya mencapai angka 38,36 atau berada dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadib 56,68 atau pada kategori cukup, dan pada siiklus II nilai rata-rata peserrta didik meningkat kembali hinggga mencapai 78,13 sudah berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran peer lesson Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V Di SD IT Al-Izhar Pekanbaru. Kata Kunci : Strategi Peer Lesson , Rasa Percaya Diri .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:35
Last Modified: 18 Jul 2023 06:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73761

Actions (login required)

View Item View Item