Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE SOCRATES UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATANPELAJARAN IPA DENGAN TEMA SELALU HEMAT ENERGI DI KELAS V MI AL-HIDAYAH PEKANBARU

INDRA YULIANTO, - (2023) PENERAPAN METODE SOCRATES UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATANPELAJARAN IPA DENGAN TEMA SELALU HEMAT ENERGI DI KELAS V MI AL-HIDAYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV INDRA YULIANTO.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV INDRA YULIANTO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)

Abstract

ABSTRAK Indra Yulianto, (2023 : Penerapan Metode Socrates untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Muatan Pembelajaran IPA di Kelas V MI Al Hidayah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode Socrates di kelas V MI Al Hidayah pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman siswa diantaranya siswa kurang dapat memberikan contoh dari materi yang dipelajari, siswa kurang dapat menjawab soal dengan benar dan siswa kurang dapat mengklasifikasikan materi yang dipelajari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Objeknya adalah metode pembelajaran Socrates dan pemahaman konsep. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Adapun analisis datanya dilakukan secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Socrates dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal tersebut tergambar dari grafik hasil belajar siswa sebelum tindakan pembelajaran dilakukan nilai rata-rata pemahaman konsep siswa hanya mencapai angka 54,6% atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, nilai rata-ratanya meningkat menjadi 63,5% dengan kategori cukup, pada siklus II, nilai rata-ratanya kembali meningkat hingga mencapai angka 77,9% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode Socrates dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada tema selalu hemat energi di kelas V MI Al Hidayah Pekanbaru. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Socrates, Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:56
Last Modified: 18 Jul 2023 06:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73753

Actions (login required)

View Item View Item