Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHLAS SUNGAI GUNTUNG KECAMATAN KATEMAN

INDAH RAHMADANI, - (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHLAS SUNGAI GUNTUNG KECAMATAN KATEMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV INDAH RAHMADANI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV INDAH RAHMADANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)

Abstract

ABSTRAK Indah Rahmadani, (2023): Penerapan Strategi Pembelajaran Pembelajaran Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Sungai Guntung Kecamatan Kateman Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui strategi active knowledge sharing pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Sungai Guntung Kecamatan Kateman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa diantaranya kurang memiliki kelancaran berbicara, kurang memiliki ketepatan kata (diksi), kurang memiliki struktur kalimat, dan juga kurang komunikatif/kontak mata. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing dan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan teknik analisis data bahwa penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan keterampilan berbicara siswa hanya mencapai 55% pada kategori cukup. Setelah dilakukan siklus I rata-rata siswa meningkat menjadi 64,12% dengan kategori tinggi. Kemudian pada siklus II meningkat kembali menjadi 81,62% dengan kategori tinggi sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan startegi pembelajaran active knowledge sharing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Sungai Guntung Kecamatan Kateman. Kata Kunci: Strategi Pembelajarn Active Knowledge Sharing, Keterampilan Berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:41
Last Modified: 18 Jul 2023 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73725

Actions (login required)

View Item View Item