Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 013 TANJUNG BERULAK KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

SYAVIRA WULANDARI, - (2023) PENERAPAN METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 013 TANJUNG BERULAK KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV SYAVIRA WULANDARI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV SYAVIRA WULANDARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Syavira Wulandari, (2023): Penerapan Metode Peer Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 013 Tanjung Berulak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kerjasama siswa pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 013 Tanjung Berulak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar melalui penerapan metode peer teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan metode peer teaching dan meningkatkan kemampuan kerjasama. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode peer teaching dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. Hal ini diketahui sebelum tindakan kemampuan kerjasama siswa diperoleh dengan rata-rata 50% atau berada pada kategori kurang. Pada siklus I kemampuan kerjasama siswa mencapai 78,5% dengan kategori cukup. Pada siklus II kemampuan kerjasama siswa meningkat mencapai 90,25% dengan kategori baik. Artinya kemampuan kerjasama siswa sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode peer teaching dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 013 Tanjung Berulak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Metode Peer Teaching, Kemampuan Kerjasama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:38
Last Modified: 18 Jul 2023 04:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73707

Actions (login required)

View Item View Item