FAUZIATUL MUNAWWARAH, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP IT AL-FITYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Univesitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Fauziatul Munawwarah, (2023): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al-Fityah Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al-Fityah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara penerapan model pair checks dengan model direct learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al-Fityah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMP IT Al-Fityah Pekanbaru yang berjumlah 141 siswa dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B di SMP IT Al-Fityah Pekanbaru yang berjumlah 41 siswa. Terdiri dari VIII B dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII A dengan jumlah 16 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara penerapan model pair checks dengan model direct learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al-Fityah Pekanbaru. Dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% (2,893 > 2,060) dan perhitungan nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,006 < 0,05). Hasil mean skor kelas eksperimen (82,20) lebih tinggi dibandingkan mean skor kelas kontrol (77,50). Maka perbedaan mean skor diantara kelas eksperimen dan kontrol ialah 4,70. Kata Kunci: Model Pair Checks, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 03:46 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 03:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73699 |
Actions (login required)
View Item |