Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF COLLEGE BALL UNTUK MENINGATKAN PERCAYA DIRI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD IT AL-FITYAH PEKANBARU

MUTIA PUTRI BUSTA, - (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF COLLEGE BALL UNTUK MENINGATKAN PERCAYA DIRI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD IT AL-FITYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Univesitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Mutia Putri Busta, (2023): Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif College Ball untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa pada Muatan Pelajaran IPA di kelas IV SD IT Al-Fityah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan percaya diri siswa pada muatan pelajaran IPA di kelas IV SD IT Al-Fityah Pekanbaru melalui strategi pembelajaran college ball. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 24 orang siswa. Objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran college ball dan percaya diri siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa percaya diri siswa sebelum dilakukan tindakan masih rendah dengan persentase 56,60%, pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan strategi pembelajaran college ball pada siklus I, percaya diri siswa meningkat dengan persentase 63,28% pada kategori kurang. Pada siklus II percaya diri siswa mengalami peningkatan kembali dengan persentase 84,37% pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran college ball dapat meningkatkan percaya diri siswa pada muatan pelajaran IPA di kelas IV SD IT Al-Fityah Pekanbaru. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran College Ball, Percaya Diri Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:41
Last Modified: 18 Jul 2023 02:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73686

Actions (login required)

View Item View Item