Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGASION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 6 PEKANBARU

DEA GUSPA, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGASION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 6 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV DEA GUSPA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV DEA GUSPA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dea Guspa (2023): Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V pada Muatan Pelajaran IPS di Sekolah Dasar Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada muatan pelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui Model Pembelajaran Group Investigation di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 26 orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Group Investigation dan kemampuan berfikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Grup Investigasion dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPS dikelas V SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari keterampilan berpikir kreatif siswa sebelum tindakan yang hanya mencapai nilai rata-rata 54 % berada pada kategori kurang . setelah dilakukan tindakan pada siklus I, keterampilan berpikir kreatif siswa meningkan menjadi 76% berada pada kategori Cukup. Kemudian pada siklus II kembali terjadi peningkatan menjadi 84% berada pada ketegori Baik. Kesimpulan penelitian ini adalah tindakan perbaikan pembelajaran melalui Model Pelajaran Group Investigation dinyakan berhasil meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation, Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:45
Last Modified: 18 Jul 2023 07:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73631

Actions (login required)

View Item View Item