Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V SDIT AL FITYAH PEKANBARU

MUHIMMAH HASIBUAN, - (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V SDIT AL FITYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
file lengkap kecuali hasil penenltiian (bab iv)..pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
fule hasil penenltiian (bab iv).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

MUHIMMAH HASIBUAN (2023) ; PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V SDIT AL FITYAH PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada muatan pelajaran IPA melalui penerapan strategi pembelajaran question student have di kelas V SDIT Al Fityah pekanbaru. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada muatan pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjek penelitiannya adalah 1 orang guru dan 22 orang siswa kelas V SDIT Al Fityah Pekanbaru, dan objek penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran question student have dan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran question student have dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Hal ini dapat diketahui dari grafik peningkatannya sebelum dilakukan tindakan perbaikan hingga tindakan perbaikan pada siklus II. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata kemampuan mengemukakan pendapat siswa hanya mencapai 40,63 dengan kategori kurang baik. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I, kemampuan mengemukakan pendapat siswa meningkat menjadi 59,38 atau berada pada kategori cukup baik. Kemudian pada siklus II, kemampuan mengemukakan pendapat siswa mengalami peningkatan menjadi 78,69 atau berada pada kategori baik. Hal ini berarti sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran question student have pada muatan pelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa di kelas V SDIT AL Fityah Pekanbaru. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Question Student Have, Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:08
Last Modified: 17 Jul 2023 04:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73582

Actions (login required)

View Item View Item