Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SD AL RASYID PEKANBARU

NURHASANAH, - (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SD AL RASYID PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV NURHASANAAH.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV NURHASANAAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)

Abstract

ABSTRAK Nurhasanah, (2023): Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Siswa Pada Muatan Pelajaran IPS Kelas V SD Al Rasyid Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan sikap percaya diri siswa melalui metode role playing pada muatan pelajaran IPS kelas V di SD Al-Rasyid Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap percaya diri siswa diantaranya kurang yakin pada kemampuan diri sendiri, kurang memiliki rasa positif, kurang memiliki sikap objektif, dan juga kurang bertanggung jawab. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran role playing dan sikap percaya diri siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri terdiri darii dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan teknik analisis data bahwa penerapan metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan sikap percaya diri siswa hanya mencapai 56,25% pada kategori cukup. Setelah dilakukan siklus I rata-rata siswa meningkat menjadi 64,87% dengan kategori tinggi. Kemudian pada siklus II meningkat kembali menjadi 81,75% dengan kategori tinggi sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa pada muatan pelajaran IPS kelas V SD Al-Rasyid Pekanbaru. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Role Playing, Sikap Percaya Diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:48
Last Modified: 17 Jul 2023 08:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73569

Actions (login required)

View Item View Item