IIS YULAIKA, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 8 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Tujun daripenelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 8 Kota Pekanbaru. Jenis penelitian Quasy Eksperiment Design. Subjek dalam penelitian ini guru dan siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Pekanbaru Kecamatan Sail, sedangkan objek pada penelitian ini adalah proses pelaksanaan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning sebagai usaha dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan sampel 75 siswa menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan hasil t hitung ix >t tabel taraf signifikan 5% (1,666) dan 1% (1,293) atau 1,666<3,944>1,293 yang berrarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji Effect Size menunjukkan besaran pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 8 Kota Pekanbaru adalah sebesar 0,94% tergolong besar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 03:34 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 03:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73491 |
Actions (login required)
View Item |