Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Penguasaan Materi Qawa’id Pada Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa MTs An-Najah Pekanbaru

Siti Mariyam, - (2023) Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Penguasaan Materi Qawa’id Pada Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa MTs An-Najah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, yang terdiri dari dua variabel yaitu Metode Mind Mapping (X) dan Penguasaan materi qawa’id pada pembelajaran bahasa Arab (Y) di MTs An-Najah pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap penguasaan materi qawa’id pada pembelajaran bahasa Arab pada siswa MTs An- Najah Pekanbaru. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode mind mapping berpengaruh terhadap penguasaan materi qawa’id pada pembelajaran bahasa Arab pada Siswa MTs An- Najah Pekanbaru?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah- langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs An- Najah Pekanbaru tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 49 siswa. Dan adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 24 siswa dan siswa kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen yang terdiri 25 siswa. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 1 dan siswa kelas VIII 2 dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap peguasaan materi qawa’id pada pembelajaran bahasa Arab pada siswa MTs An- Najah Pekanbaru. Intrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan tes. Dari analasis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping berpengaruh terhadap penguasaan materi qawa’id pada pembelajaran bahasa Arab pada siswa MTs An- Najah Pekanbaru. Karena nilai t hitung > t tabel ( 0,05 > 0,000 ) atau nilai sig. 2-tailed < 0,05, ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Begitu juga pada tabel observasi, metode mind mapping mendapatkan nilai 96,3% dengan arti bagus sekali karena terletak pada taraf signifikan 90% - 100%. Dengan kata lain penerapan metode Mind Mapping berpengaruh terhadap penguasaan materi qawa’id pada Pembelajaran bahasa Arab pada siswa MTs An- Najah Pekanbaru. Kata Kunci: Pengaruh, Penerapan Metode Mind Mapping, Penguasaan Materi Qawa’id Pada Pembelajran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:11
Last Modified: 18 Jul 2023 02:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73465

Actions (login required)

View Item View Item