Azman Hadi (2014) KAJIAN TENTANG KEBERATAN TERHADAP PUTUSAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN PEKANBARU DALAM PERKARA NOMOR 188/PDT/ARB-BPSK/2011/PN.PBR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (42kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Dari hasil pemeriksaan sidang Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pekanbaru perkara No.188/Pdt/ARB-BPSK/2011/PN.Pbr, dengan amar putusan yang berbunyi antara lain menghukum tergugat (PT. Agung Automall) mengembalikan dana kepada penggugat (Sri Asti Subasti), sebanyak yang telah disetorkan sebesar Rp.252.550.000,- (dua ratus lima puluh dua juta lima ratus lima puluh ribu rupiah). Dari putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pekanbaru tersebut dapat dilihat ada perbedaan dengan putusan yang diberikan oleh Hakim BPSK, yang hanya menghukum tergugat untuk mengembalikan uang penggugat sebesar Rp. 215.000.000,- (dua ratus lima belas juta rupiah), jelas penggugat merasa kurang puas karena di samping kerugian yang nyata yang dialami oleh penggugat, yakni telah menyetorkan uang pembelian satu unit mobil. Di sini terlihat pula bahwa ada perbedaan pertimbangan antara majelis hakim BPSK dengan pertimbangan majelis hakim Pengadilan Negeri dalam memberikan putusan terhadap perkara tersebut. Hal ini perlu dilakukan kajian terhadap perbedaan tersebut, dengan cara membahas kedua putusan tersebut secara hukum dan membandingkan dengan pendapat pendapat ahli dan literatur yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pertimbangan yang dikemukakan oleh Majelis Hakim BPSK dan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pekanbaru dalam memutuskan perkara Nomor 188/Pdt/ARB-BPSK/2011/PN.Pbr, dan apakah akibat hukum bagi para pihak terhadap Putusan Pengadilan Negeri Pekanbaru dalam perkara Nomor 188/Pdt/ARB BPSK/2011/PN.Pbr. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif, yaitu penelitian terhadap perlindungan konsumen (Studi Kasus Putusan Hakim BPSK dan putusan Hakim Pengadilan Negeri Pekanbaru dalam Perkara Nomor 188/Pdt/ARB-BPSK/ 2011/PN.Pbr). Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif, yakni menerangkan dan menggambarkan data yang diperoleh melalui pengkajian kasus Nomor 188/Pdt/ ARB-BPSK/2011/PN.Pbr, yang berkenaan dengan pertimbangan dan akibat hukum yang terungkap dalam persidangan. Dari hasil penelitian dapat diketahui, bahwa pertimbangan yang dilakukan oleh majelis hakim Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Pekanbaru yang mengabulkan tuntutan pengembalian uang yang telah disetor tersebut diputus oleh hakim BPSK sebanyak Rp.215.000.000,- (dua ratus lima belas juta rupiah). Sedangkan pertimbangan majelis hakim Pengadilan Negeri Pekanbaru berdasarkan keberatan yang diajukan oleh pembeli/pemohon, bahwa setoran terakhir yang berjumlah Rp.75.100.000,- (tujuh puluh lima juta seratus ribu rupiah) tersebut dalam pertimbangan hakim harus dibebankan kepada masing-masing pihak, pembeli dan penjual. Oleh karena PT Agung Automall selaku pihak penjual melakukan kesalahan karena tidak memberitahu kepada konsumen/pembeli (Sri Asti Subasti) bahwa marketing yang bernama Lirawan Ekavani sudah berhenti dari perusahaan, dan pihak pembeli juga melakukan kesalahan karena telah melakukan pembayaran melalui marketing dan tidak langsung ke PT.Agung Automal, maka menurut hakim setoran terakhir tersebut yang dapat diterima oleh pembeli/pemohon adalah sebesar Rp.37.550.000,- (tiga pulu tujuh juta lim ratus lima puluh ribu rupiah), sehingga secara keseluruhan yang diterima oleh pembeli/pemohon adalah sebesar Rp.252.550.000,- (duaratus lima puluh dua juta lima ratus lima puluh ribu rupiah). Akibat hukum dari putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Pekanbaru, bahwa termohon/tergugat (PT.Agung Automall) harus mengembalikan uang yang telah disetor oleh pemohon/pembeli (Sri Asti Subasti) sebesar Rp.252.550.000,- (dua ratus lima puluh dua juta lima ratus lima puluh ribu rupiah), dan pihak pembeli menerima pengembalian uang tersebut, karena pihak penjual tidak dapat melaksanakan kewajibannya untuk menyerahkan I unit mobil yang telah dipesan oleh pembeli.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 15 Sep 2016 02:32 |
Last Modified: | 15 Sep 2016 02:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7344 |
Actions (login required)
View Item |