Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH IMPLEMENTASI METODE TALAQQI MELALUI KEGIATAN CIRCLE TIME TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ 'AMMA PADA ANAK USIA DINI DI TK MELATI DESA KOTA BANGUN KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR

Jesi Agnes Manurung, - (2023) PENGARUH IMPLEMENTASI METODE TALAQQI MELALUI KEGIATAN CIRCLE TIME TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ 'AMMA PADA ANAK USIA DINI DI TK MELATI DESA KOTA BANGUN KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
bab iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[img]
Preview
Text
SKRISI JESI AGNES MANURUNG.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan anak dalam menghafal Juz 'Amma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari implementasi metode talaqqi melalui kegiatan circle time terhadap kemampuan menghafal Juz 'Amma pada anak usia dini di TK Melati Desa Kota Bangun Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak didik di TK Melati Desa Kota Bangun Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen, desain penelitian pre-eksperimental dengan tipe one group pretest-postest design. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh anak di TK Melati Desa Kota Bangun Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar yang terdiri dari 2 lokal dengan jumlah anak 30 orang. Yang mana sampelnya adalah kelompok B1 terdiri dari 1 orang guru dan 15 orang anak yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji t secara manual dengan bantuan microsoft excel windows 11. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai t0 (thitung) lebih besar dari tt (thitung) pada degress of freedom (df) = 14 dan pada taraf signifikansi 5% dengan nilai signifikannya sebesar 13,10 > 2,14. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak, artinya adanya pengaruh implementasi metode talaqqi melalui kegiatan circle time terhadap kemampuan menghafal Juz 'Amma pada anak usia dini di TK Melati Desa Kota Bangun Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Metode Talaqqi, Circle Time, Menghafal Juz 'Amma.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:54
Last Modified: 17 Jul 2023 02:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73375

Actions (login required)

View Item View Item