Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI PONDOK PESANTREN NURUL ILMI PERAWANG

ASRI SABRINAH, - (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI PONDOK PESANTREN NURUL ILMI PERAWANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ASRI SABRINA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Asri Sabrinah , (2023( : Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) Terhadap Keaktifan Belajar bahasa arab Siswa di Pondok pesantren Nurul Ilmi Perawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap keaktifan belajar siswa di pondok pesantren Nurul Ilmi Perawang. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa di pondok pesantren Nurul Ilmi Perawang yang berjumlah 401 orang dan sampel yang berjumlah 80 orang. Teknik pengumpulan data ialah dengan memberikan angket serta dokumentasi. Dari analisi data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap keaktifan belajar siswa di pondok pesantren Nurul Ilmi Perawang. Yang ditunjukkan dengan nilai “t-statistik sebesar 3,431> 1,96 dengan nilai probalitas (p-values) sebesar 0,001<0,05. Dengan demikian dapat diartikan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar siswa sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Kata kunci : pengaruh, kecerdasan emosional, keaktifan belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:10
Last Modified: 14 Jul 2023 03:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73231

Actions (login required)

View Item View Item