Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN DARING (BERBASIS GOOGLE CLASSROOM) TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR KIRI TENGAH

MARIN SETIADSA, - (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING (BERBASIS GOOGLE CLASSROOM) TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR KIRI TENGAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (bab iv)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MARIN validasi print jilid part 2.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran daring (berbasis google classroom) terhadap efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Kiri Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Subjek penelitian ini adalah siswa di SMA Negeri 1 Kampar Kiri Tengah, sedangkan objeknya adalah pengaruh pembelajaran daring (berbasis google classroom) terhadap efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa peminatan IPS SMA Negeri 1 Kampar Kiri Tengah yang berjumlah 170 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas X IPS1, X IPS2, X IPS3, XI IPS1, XI IPS2 dan XI IPS3 yang berjumlah 114 siswa yang dipilih menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring (berbasis google classroom) terhadap efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Kiri Tengah. Hasil tersebut berdasarkan nilai rhitung > rtabel baik pada taraf 5% maupun 1% (0,184 < 0,552 > 0,2403) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai R Square = 0,305 = 30,5%. Ini berarti pembelajaran daring mempengaruhi efektivitas belajar siswa sebesar 30,5% sisanya 69,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Efektivitas Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:35
Last Modified: 14 Jul 2023 03:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73209

Actions (login required)

View Item View Item