Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Penggunaan Kamus Tematik dan Kaidah Praktis dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas VII SMPIT Tahfidz Shohibul Qur’an Kampar.

Dwi Binti Masfufah, Dwi (2023) Analisis Penggunaan Kamus Tematik dan Kaidah Praktis dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas VII SMPIT Tahfidz Shohibul Qur’an Kampar. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB I-III DAN V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dwi Binti Masfufah (2023) : Analisis Penggunaan Kamus Tematik dan Kaidah Praktis dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas VII SMPIT Tahfidz Shohibul Qur’an Kampar. Penelitian ini adalah penelitian kualitaif yang bertujuan untuk mengetahui apa kelebihan dan kekurangan kamus tematik dan kaidah praktis dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VII SMPIT Tahfidz Shohibul Qur’an Kampar, serta kamus tematik dan kaidah praktis menjadi sumber belajar dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VII SMPIT Tahfidz Shohibul Qur’an Kampar. instrument yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Dari analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa (1) terdapat 24 komponen kamus, dalam kamus ini terdapat 16 komponen dan 8 komponen yang belum ada. Kelebiahan dari kamus tematik dan kaidah praktis adalah meningkatkan penguasaan mufrodat, membantu membuat kalimat bahasa arab, menerjemahkan kosa kata bahasa Indonesia ke bahasa arab. Sedangkan kekurangannya adalah tidak ada latihan dalam setiap materi, sulit menerjemahkan kosa kata arab ke Indonesia, gambar dan warna dalam kamus sedikit. (2) kamus tematik dan kaidah praktis sebagai sumber belajar bagi siswa dalam pembelajaran bahasa arab. Terdapat 3 indikator yang mempengaruhinya yaitu terjemahan, penguasaan mufrodat dan minat belajar. Adapun nilai akhir yang tertinggi yaitu minat belajar memiliki pengaruh yang besar dalam kamus sebagai sumber belajar dengan nilai 0.494. Kata kunci: Analisis, Kamus, Pembelajaran Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:48
Last Modified: 18 Jul 2023 01:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73188

Actions (login required)

View Item View Item