Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MANEJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PROGRAM EKSTRAKULIKULER DI PONDOK PESANTREN SYAFA’ATURRASUL

MANDRI SAPUTRA RUSTIN, - (2023) MANEJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PROGRAM EKSTRAKULIKULER DI PONDOK PESANTREN SYAFA’ATURRASUL. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
TESIS MANDRI SAPUTRA RUSTIN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mandri saputra rustin, (2023) :Menejemen Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Program Ekstrakulikuler di Pondok Pesantren Syafa’aturrasul. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui manajemen pembelajaran bahasa Arab dalam program tambahan di pesantren Syafa’aturrasul kuantan singing riau Untuk mengetahui bagaimana perencanaan menejemen program tambahan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di pesantren syafa’aturrasul kuantan singing riau. Untuk megetahui bagaimana pelaksanaan menejemen program tambahan di pesantren syafa’aturrasul kuantan singing. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimanakah perencanaan manajemen pembelajaran bahasa Arab dalam program tambahan di pesantren syafa’aturrasul kuantan singing riau. Bagaimanakah pelaksanaan menejemen pembelajaran bahasa arab dalam program tembahan di pesantren syafa’aturrasul kuantan singing riau. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Waktu penelitian dilakukan selama 3 bulan Maret-Juni 2023 dengan lokasi penelitian di pondok pesantren syafa’aturrasul kuantan singingi riau. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen pembelajaran bahasa dalam program tambahan di pesantren syafa’aturrasul meliputi dua tahapan yaitu perencanaan dan pelaksanaan. Tahapan-tahapan tersebut sudah dilaksanakan dan hampir sempurna serta hasilnya menjadi maksimal. Dari segi perencanaan ada lima hal yang menarik 1) memiliki kurikukum tersendiri 2) pembagian materi kelas dan kelas khusus 3) penyusunan jadwal mengajar khusus. Sedangkan dari segi pelaksanaan ada empat poin penting yang dilaksanakan 1) pelaksanaan pekan bahasa 2) program kegiatan kitab kuning 3) pelaksanaan pembelajaran debat bahasa arab 4) pelaksanaan perlombaan bahasa arab Kata Kunci : Manejemen, Pembelajaran Bahasa Arab, Program, Ekstrakulikuker

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:25
Last Modified: 14 Jul 2023 07:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73154

Actions (login required)

View Item View Item