ASTUTI WIBOWO, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI SMAN 7 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
file lengkap kecuali hasil penenltian (bab iv).pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
file hasil penenltiian (bab iv).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (849kB) |
Abstract
ASTUTI WIBOWO (2023): PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI SMAN 7 PEKANBARU Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi yakni pada materi litosfer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Geografi di SMAN 7 Pekanbaru. Penelitian yang di gunakan adalah kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 283 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 69 siswa yang mana kelas X 5 berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X 6 berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data di lakukan dengan tes dan dokumentasi. Analisis data di lakukan dengan menggunakan uji T-Test dan di peroleh nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,05 yang berarti Ha di terima Ho di tolak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar pada materi litosfer, di lihat dari nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 48,59 menjadi 80,93. Pada nilai posttest kelas eksperimen, menunjukan kenaikan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 39,96 %. Kata Kunci: Demonstrasi, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 04:12 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 04:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73127 |
Actions (login required)
View Item |