MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MELALUI METODE LANSUNG DENGAN TEKNIK BERTUKAR PASANGAN DI PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN TARAI BANGUN KABUPATEN KAMPAR

Mardaleni, (2011) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MELALUI METODE LANSUNG DENGAN TEKNIK BERTUKAR PASANGAN DI PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN TARAI BANGUN KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011183.pdf

Download (739kB) | Preview

Abstract

Di podok pesantren Darul Qur’an Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, Guru telah menggunakan berbagai macam metode untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa arab siswa. Namun metede yang digunakan oleh tersebut belum dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara baik. Oleh karna itu peneliti mencoba untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Arab dengan menggunakan teknik bertukar pasangan. Adapun permasalahannya adalah: 1. Motivasi Siswa dalam belajar bahasa arab rendah 2. Metode yang digunakan guru belum dapat meningkatkan motivasi siswa 3.Siswa selalu beranggapan belajar bahasa arab itu sulit dan membosankan 4. Aktivitas siswa sedikit dalam proses pembelajaran Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan melalui metode lansung dengan teknik bertukar pasangan dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Arab siswa kelas VIII di Pondok Pesantren Darul Qur’an Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi dan dokumentasi. Dan dalam menganalisis data penulis menggunakan rumus: P = F x 100 % N Hasil penelitian sebelum tindakan menunjukan motivasi belajar siswa rendah yaitu, 53% pada taraf (44-55%), kemudian pada siklus pertama dengan menggunakan teknik bertukar pasangan meningkat menjadi 61% pada taraf cukup (56-76%). Pada siklus kedua meningkat lagi 73% pada taraf yang cukup (56- 76%). Dan pada siklus yang ketiga 81% pada tingkatan yang tinggi yaitu (76- 100%). Jadi penelitian ini menunjukan bahwa metode lansung dengan teknik bertukar pasangan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:02
Last Modified: 12 Jan 2016 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/731

Actions (login required)

View Item View Item