Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMAN 3 PEKANBARU

SHELSY PRISAY NASUTION, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMAN 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SHELSY PRISAY NASUTION.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Shelsy Prisay Nasution, (2023) : Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Geografi Kelas X SMAN 3 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa di SMAN 3 Pekanbaru pada Materi Atmosfer dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat Pengaruh Model Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Desain penelitian yang dilakukan dalam penelitian yaitu quasi eksperimen dengan pola Nonequivalent Control Group Design atau pre-test-post-test. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 36 siswa. Sampel yang peneliti gunakan yaitu sampling purposive (sampling purposive) adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, sehingga yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa dan X1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes soal dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Model Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) diperoleh kategori lebih baik dibandingkan kelas kontrol, pada kelas eksprimen sebesar 75.83, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 67.08. Berdasarkan analisis uji-t antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu (0,001<0,05)yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka terdapat pengaruh penerapan pembelajaran Model Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Geografi kelas X di SMAN 3 Pekanbaru sebesar 70,63%. Sementara sisa 29,37% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Kata kunci : Model Kooperatif Tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:41
Last Modified: 13 Jul 2023 03:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73091

Actions (login required)

View Item View Item