Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SEKOLAH DASAR NEGERI

YULI YANI SISKA, - (2023) “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SEKOLAH DASAR NEGERI. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS YULI YANI SISKA.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi siswa yang diberi perlakuan dengan siswa yang tidak diberi perlakuan, untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan siswa yang tidak diberi perlakuan, dan juga menganalisis ada atau tidaknya interaksi efektivitas antara model pembelajaran inkuri terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen dan desain yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 031, 023 dan 016 di Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilir yang berjumlah 64 orang, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dari masing-masing sekolah yang berjumlah 32 orang. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian motivasi dengan hasil uji t yaitu t hitung > t tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% (2,002 < 7,678 > 2,392). Nilai N-Gain yang menunjukkan penerapan strategi pembelajaran inkuiri memiliki pengaruh yang sedang terhadap motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar dengan persentase 36% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain dan hasil belajar siswa terlihat dari hasil uji- t yaitu t hitung > t tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% (2,002 < 2,372 > 2,392). Nilai N-Gain yang menunjukkan penerapan model pembelajaran inkuiri memiliki pengaruh yang sedang terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar dengan persentase 62% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain sehingga dapat diartikan terdapat hubungan iantara motivasi belajar siswa dan hasil belajar kelas V Sekolah Dasar. Kata Kunci: Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri, Motivasi dan Hasil belajar

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: pps -
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:42
Last Modified: 14 Jul 2023 01:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73090

Actions (login required)

View Item View Item