RIF’ATUL MAWADDAH, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMAN 2 DUMAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
RIF’ATUL MAWADDAH (2023) : PENGARUH PENGGUNAAN MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMAN 2 DUMAI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Example Non Example terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMAN 2 Dumai. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain Posttest Only Control Design. Pengambilan sampel penelitian dilakukan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes unjuk kerja. Berdasarkan Hasil analisis dapat disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, nilai rata-rata tes keterampilan menulis puisi siswa yang diajarkan menggunakan model Example Non Example adalah 82,10. Kedua, nilai rata-rata tes keterampilan menulis puisi siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional adalah 71,42. Ketiga, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Example Non Example terhadap keterampilan menulis puisi. Hal ini dibuktikan dengan hasil t hitung ≥ t tabel ( 5.709 ≥ 2.0030). Perbedaan nilai pada uji t menunjukan bahwa adanya pengaruh positif dari penggunaan model pembelajaran Example Non Example. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Example Non Example, Puisi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | fekon - |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 02:17 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 02:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72993 |
Actions (login required)
View Item |