Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EVALUASI USABILITY SISTEM INFORMASI PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN HEURISTIC EVALUTION DAN HUMAN-CENTERED DESIGN

Efilda, - (2023) EVALUASI USABILITY SISTEM INFORMASI PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN HEURISTIC EVALUTION DAN HUMAN-CENTERED DESIGN. EVALUASI USABILITY SISTEM INFORMASI PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN HEURISTIC EVALUTION DAN HUMAN-CENTERED DESIGN, 3 (6). pp. 728-736. ISSN 2723-3898 (Media Online) (Submitted)

[img]
Preview
Text
TA efilda-11950321546.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan aset untuk berhasil membangun sumber daya manusia dalam persaingan di zaman digital. Dunia Pendidikan harus meningkatkan efektifitas yang membangun Pendidikan di negeri ini sesuai dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih seperti Sistem Informasi Penelitian dan Pengabidan Kepada Masyarakat (SIP). SIP digunakan untuk membantu organisasi dalam melaporkan proses kerja sebagai pencapaian operasional organisasi eksternal serta memungkinkan penyelesaian tugas. Permasalahan utama pada website SIP yaitu belum pernah dilakukan evaluasi dari segi usability sejak sistem tersebut digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi usability website SIP menggunakan Heuristic Evaluation dan Human-Centered Desig. Usability merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk penerimaan website. Pada Heuristic Evaluation menggunakan 3 evaluator untuk menilai website SIP dan menggunakan 10 prinsip Heuristic Evaluation. Metode Human Centered Design digunakan sebagai alat untuk melakukan pengembangan desain dan sistem interaktifnya yang berfokus pada kebutuhan pengguna. Dari hasil Heuristic Evaluation tahap awal yang dilakukan oleh 3 evaluator dengan menghasilkan 21 permasalahan sebagai landasan untuk perbaikan desain solusi dengan menggunakan prototype. Selanjutnya evaluasi Heuristic kedua menghasilkan penurunan masalah yaitu 3 permasalahan yang terletak pada kode Heuristic H1 Visibility Of System Status. Permasalahan tersebut merupakan permasalah baru yang ditemukan oleh evaluator 1. Setelah dilakukan perbandingkan maka dapat disimpulkan bahwa evaluasi desain solusi menghasilkan penurunan permasalahan sebesar 18 permasalahan dari 21 permasalahan yang didapatkan menjadi 3 penemuan permasalahan yang ditemukan pada evaluasi desain solusi.

Item Type: Article
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:27
Last Modified: 12 Jul 2023 06:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72913

Actions (login required)

View Item View Item