Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN WATTPAD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 12 PEKANBARU

MIFTA KHOIRANI, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN WATTPAD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENNELITIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)

Abstract

MIFTA KHOIRANI (2023) : PENGARUH PENGGUNAAN WATTPAD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 12 PEKANBARU Rendahnya kemampuan siswa XI IPS SMAN 12 Pekanbaru dalam menulis teks cerita pendek menjadi dasar dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif karena bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Wattpad terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek pada siswa kelas XI IPS SMAN 12 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 12 Pekanbaru yang berjumlah 210 siswa yang akan diambil sebanyak 32% sebagai sampel dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dan XI IPS 6 sebagai kelas kontrol tanpa perlakuan. Data diambil dari hasil tes menulis cerpen siswa dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan uji Paired Sample T Test kelas eksperimen memperoleh nilai thitung > ttabel (10,569 > 2,037) dan nilai probabilitas lebih kecil dari taraf signifikan (0,000 < 0,05) sehingga H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan rata-rata pretest dan posttest hasil kemampuan menulis cerpen, (2) berdasarkan uji Paired Sample T Test kelas kontrol memperoleh nilai thitung > ttabel (4,751 > 2,035) dan nilai probabilitas lebih kecil dari taraf signifikan (0,000 < 0,05) sehingga H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan rata-rata pretest dan posttest hasil kemampuan menulis cerpen, (3) berdasarkan uji Independent Sample T Test memperoleh nilai thitung > ttabel (5,210 > 1,997) dan nilai probabilitas lebih kecil dari taraf signifikan (0,000 < 0,05). Artinya terdapat perbedaan secara signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan Wattpad dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan pembelajaran konvensional (tidak mendapatkan perlakuan). Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Wattpad berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI IPS SMAN 12 Pekanbaru. Kata Kunci: Wattpad, Kemampuan Menulis, Teks Cerpen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jul 2023 13:40
Last Modified: 12 Jul 2023 13:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72870

Actions (login required)

View Item View Item